Pokok-Pokok Pikiran Forum Mahasiswa Nias

Ya’ahowu!!

Forum Mahasiswa Nias Jakarta dibentuk dengan dasar kesamaan pemikiran kalangan mahasiswa-mahasiswi Suku Nias yang berada dijakarta untuk dapat ikut serta dalam proses perwujudan pembangunan dan kesejahteraan rakyat Nias. Mahasiswa/i kemudian bersedia mengikatkan diri dalam forum ini untuk secara bersama-sama membetuk tujuan untuk berkontribusi dalam berbagai tindakan nyata berdasarkan kemampuan dan keahlian dibidangnya masing-masing.

Maka dalam perjalanannya, forum harus berusaha untuk memaksimalkan setiap potensi anggota dengan selalu membuka ruang-ruang diskusi yang akademis dan inspiratif sehingga anggota dapat menuangkan ide dan gagasannya serta diimplementasikan dalam lingkungan pendidikan dan masyarakat. Memaksimalkan potensi anggota haruslah dilakukan secara rutin dan progresif, maka dengan itu perlulah forum ini dijalankan secara terus menerus sehingga dapat pula dijadikan sebagai penarik minat untuk merekrut anggota baru.

Umur forum yang masih sangat belia, maka tidak dapat dipungkiri bahwa perlulah perluasan jaringan dan pengenalan terhadap masyarakat banyak maupun organisasi-organisasi serta pemerintah terkhususnya pemerintah daerah Nias. Maka dalam perjalanannya, forum ini haruslah memanfaatkan setiap kesempatan yang ada untuk memperkenalkan dan membuat simpul jaringan dimanapun dan kapanpun.

Pemanfaatan sosial media juga dipandang perlu dalam proses pengenalan forum ini melalui pengenalan berbagai aktivitas forum yang telah dilakukan maupun penyebaran ide dan gagasan yang dihasilkan oleh forum kepada khalayak umum. Hal ini dikarenakan bahwa tidak dapat dipungkiri dengan perkembangan teknologi yang cenderung setiap orang menjadikannya sebagai media memberi dan menerima informasi. Dengan melihat fenomena tersebut maka forum harus dapat menyesuaikan sehingga tetap terjaga eksistensinya.

Berkontribusi melalui aksi nyata kepada masyarakat dengan kegiatan aksi sosial yang secara benar dan nyata dapat dirasakan oleh masyarakat. Melalui tindakan nyata ini, forum sudah tentunya dirasakan kehadirannya oleh masyarakat luas bahwa forum secara nyata telah berbuat dan pastinya juga sebagai dorongan moral kepada pemerintah agar tetap terus menjaga peningkatan kinerja kearah yang lebih baik. Aksi nyata ini juga tentunya dijadikan sebagai media dorongan kepada masyarakat agar juga secara aktif terlibat dalam peningkatan kesejahteraanya melalui pemanfaatan dan peningkatan sumber daya manusia.

Melalui peningkatan sumber daya manusia tentunya masyarakat khususnya daerah Nias dapat terdorong agar kemajuan terus ditingkatkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia yang mumpuni, maka dengan itu perlulah kerja sama antar pemerintah agar dapat memaksimalkan hal ini. Maka dengan itu, forum ini harus hadir sebagai media antara atau terlibat secara langsung pada kedua pihak yakni masyarakat dan pemerintah.

Menciptakan Ruang Penyatuan Ide dan Gagasan

Sebagai sebuah wadah, forum wajib dijalankan dalam penyatuan pemikiran atau pengikat simpul ide antar perorangan atau kelompok sehingga dapat menghasilkan berbagai gagasan untuk dapat ditindaklanjuti dalam bentuk implementasi pada lingkungan masyarakat luas. Menciptakan ruang penyatuan ide ini haruslah memanfaatkan berbagai potensi relasi maupun jaringan perorangan serta organisasi terkait, sehingga dapat terlaksana berdasar kepada tujuan forum ini terbentuk. Ruang ini dibentuk melalui berbagai cara yang pada konkretnya, yakni terlaksananya komunikasi multi arah dengan kajian yang normatif dan empiris berdasarkan kepada pokok permasalahan yang ada.

Dalam hal ini, diutamakan usaha untuk melibatkan orang-perorangan atau tokoh masyarakat nias, organisasi mahasiswa dan masyarakat Nias yang sudah terbukti atau berpotensi berbuat untuk daerah Nias. Melalui hal ini, Forum Mahasiswa Nias Jakarta harus terus terlibat aktif menciptakan ruang penyatuan ide dan gagasan dengan menjaga militansi antar anggota sehingga anggota dapat terlibat aktif dan dapat berperan secara nyata untuk kemajuan organisasi dalam mewujudkan tujuan organisasi.

Ruang penyatuan ide dan gagasan ini, perlu dimulai dari internal forum dengan berdiskusi atau melalui tulisan-tulisan. Hal ini juga dapat dijadikan sebagai sarana mengembangkan potensi anggota untuk dapat berpikir kritis dan inovatif. Maka, perlulah budaya diskusi atau menulis ini dibudidayakan secara terus-menerus dalam internal organisasi sehingga ini dapat menjadi kebiasaan dan ciri khas para anggota. Anggota haruslah terus ditingkatkan kemampuan intelektualnya melalui program-program organisasi yang yang bersifat dinamis dan terarah kepada tujuan organisasi.

Aksi Nyata

Aksi nyata forum mengarah kepada pengembangan untuk dapat memajukan daerah Nias, baik dalam infrastruktur, moralitas, intelektual serta taraf kehidupannya. Pembangunan infrastruktur ini dipandang perlu dikarenakan masih tertinggalnya pembangunan yang ada di kepulauan Nias jika dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya. Maka dengan ini, forum harus dapat memaksimal berbagai elemen dengan menjadi media antara atau terlibat secara langsung, agar berbagai elemen tersebut dapat memaksimalkan fungsinya. Forum harus tetap menjaga independensinya berada dalam posisi netral berdasar pada tujuan organisasi dan memanfaatkan strategi yang tepat agar dapat terwujud secara maksimal. Forum tidak dibenarkan bertindak secara pasif namun haruslah secara aktif dan terukur dalam bertindak dengan mempertimbangkan potensi dan kemampuannya.

Menjaga moralitas juga dipandang perlu dijadikan sebagai satu hal yang penting dalam forum sehingga dapat ditularkan secara langsung maupun tidak langsung kepada khalayak. Sehingga, para anggota dalam kehidupan sosial-bermasyarakatnya dipandang sebagai seorang yang berkualitas dan mumpuni. Dengan hal itu, para anggota dapat diterima secara baik oleh masyarakat dan masuk ketengah-tengah mereka serta dapat secara bersama-sama memperbaiki sistem dan budaya yang lebih baik. Peningkatan moralitas anggota sangat dipandang perlu untuk meningkatan kualitas dan kapasitas diri para anggota sehingga juga mampu mempengaruhi masyarakat untuk berlaku lebih baik dan berbuat demi kemajuan bersama. Inilah yang disebut sebagai role model, anggota dalam lingkungannya harus dapat dijadikan sebagai contohan, baik dalam pendekatan keagamaan maupun sosial-budaya masyarakat.

Peningkatan kualitas inteletual para anggota menjadi satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam menjalankan forum ini, karena selayaknya menjadikan forum ini sebagai wadah pembelajaran bagi peningkatan kualitas individu anggota serta kontribusinya dalam peningkatan sumber daya manusia masyarakat. Meningkatnya kualitas kader sangatlah berpengaruh dalam perjalanan dan pengembangan organisasi untuk memaksimal pencapaian tujuannya. Maka, perlulah forum memaksimal program kerja terkait diskusi formal maupun informal yang sifatnya edukatif yang dapat dipertanggungjawabkan secara normatif maupun empiris.

Forum juga harus mempunyai peran dalam proses pengembangan kualitas intelektual sumber daya manusia. Peran ini dapat dibukti nyatakan dalam proses diskusi, seminar maupun belajar bersama. Hal ini haruslah melibatkan pihak-pihak terkait agar dapat tercapai secara maksimal dan berjalan terus menerus sehingga dapat dirasakan efeknya oleh masyarakat. Dengan minimnya minat baca para pelajar di daerah Nias, maka forum haruslah bersedia untuk ikut serta dalam membudidayakan budaya membaca sebagai wujud perhatian organisasi kepada pentingnya peningkatan keilmuan bagi manusia.

Maka, forum harus teruslah berjalan secara dinamis dan aktif sehingga perwujudan daerah Nias yang lebih baik, secara nyata dapat tercapai.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s